Blogger merupakan pahlawan online yang sangat membantu perkembangan dunia internet. Terlepas blogger tersebut dikenal maupun tidak. Bayangkan jika dunia online yang ada hanya mesin pencari seperti google, yahoo, dll? Pastinya informasi-informasi akan terbatas tidak seperti sekarang ini.

Mesin pencari terbesar googlepun tidak akan mampu sebesar ini tanpa peran dari para blogger. Namun apa sering kita dengar atau bicarakan tentang internet? Kebanyakan orang akan berfikir bahwa google adalah nomor satu dan mesin jenius. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa google adalah perusahaan terbesar di dunia online. Hampir semua yang terhubung dengan online tidak akan terlepas dari fasilitas google. Namun pernahkah kita berfikir dikala seseorang mencari informasi “cara membuat tempe” di search engine google sebenarnya informasi yang Ia dapatkan bukan google yang membuat tutorial cara membuat tempe. Namun itu adalah jasa dari para blogger

Akan tetapi bukan berarti mesin pencari tidak penting. Karena semuanya berkaitan, mengingat berbagai informasi bisa dengan mudah ditemukan dengan adanya mesin pencari, terutama google. Kalau Anda tidak percaya, tanya mbah google… hehehe

Kembali ke pembahasan topik artikel kali ini yaitu blogger persaudaraan terbaik. Terlepas dari popularitasnya, tujuan, senior, ataupun baru, blogger persaudaraan terbaik yang saya maksud adalah, mereka yang membahas dan merekomendasikan blog lain di blog mereka sendiri yang diantaranya adalah berikut:

12 daftar Blogger persaudaraan terbaik yang saya ketahui, (Untuk review, klik linknya)

  1. sugeng.id
  2. blogodolar.com
  3. forumblogindo.com
  4. afdhalilahi.com
  5. odisumantri.wordpress.com
  6. fakhrurrojihasan.wordpress.com
  7. rizqycaesario.blogspot.co.id
  8. indonovel.com
  9. blog.reservasi.com
  10. fanoubaybi.blogspot.co.id
  11. dawaihati.com
  12. caragratis.net <— Ngikut ae pokok’e… hehehe…

Selain daftar diatas, mungkin masih banyak yang tidak bisa saya temukan. Yang jelas menurut saya, apapun tujuan seorang blogger membangun blog, mereka tersebut pantas menyandang gelar “Pahlawan Online“.

Semoga bermanfa’at dan salam sukses untuk kita semua…