Pagi ini baru saja saya menerima sms yang mengaku easyshopin. Di dalam pesan tersebut dikatakan bahwa saya terpilih untuk bisa mendapatkan undian sebesar 399jt. Secara psikologis senang dong ya, pagi-pagi udah dapet rezeki.

Apalagi di sms tersebut mampu menyebutkan nama kita dan tanggal lahir. Jika kita tidak waspada maka kita akan lakukan apa perintah yang di sebutkan dalam sms tersebut. Perhatikan gambar berikut…

Benarkah Easyshopin memberikan hadian 399 juta?
Klik gambar untuk memperbesar

Namun jika kita terbiasa berhati-hati dalam melangkah, maka kita tidak mudah tersangkut kedalam jaring penipuan apapun. Berikut ini beberapa poin agar kita tidak mudah hanyut dalam jerat penipu…

Beberapa tips untuk menghindari penipuan sms/telp:

  1. Tetaplah fokus dan tenang
  2. Baca / kenali pengirim sms / telp
  3. Kenali produk apa yang mereka bawa
  4. Pikirkan apakah kita mengikuti program tersebut
  5. Jika tertera alamat situs, lihat apakah situs tersebut resmi / tidak. Biasanya penipu menggunakan alamat situs gratisan seperti blogspot.co.id.
  6. Cari referensi di internet

Berhubungan dengan sms yang saya terima, saya sempat search di google dan mendapatkan pembahasan kasus yang sama di sebuah situs seperti berikut :

Benarkah Easyshopin memberikan hadian 399 juta?
Klik gambar untuk memperbesar

Sedangkan ini dari Tribun Jambi :

Benarkah Easyshopin memberikan hadiah undian 399 juta?
Klik gambar untuk memperbesar

 

Baca review easyshopin dari Tribun Jambi disini

Kronologi cerita bervariasi, namun pada dasarnya sama saja. Penipu mengelabui dengan cara memperdayai calon korban untuk membeli barang jika mereka ingin mendapatkan kesempatan untuk ikut dalam undian. Dan jika kita bersedia untuk membeli, jangankan ikut undian, barang yang dibelipun tidak dikirimkan.

Saran saya harus tetap waspada jika kita menerima telp/sms yang memberikan hadiah. Apalagi jika kita tidak pernah mengikuti program terkait. Sebaiknya jangan tergesa-gesa membeli barang hanya karena tergiur hadiah. Namun belilah barang sesuai kebutuhan dan manfaat, jika memang ada rezeki dari undian, kita tetap akan mendapatkan undian yang benar-benar undian, bukan dari rekayasa seller atau bahkan dari penipu.

Catatan:

Jika benar-benar kita memenangkan hadiah apapun seperti undian dari bank, penyedia celluller, tv, dll kita akan ditelepon oleh panitia sebagai konfirmasi saja tanpa meminta kiriman uang atau apapun.

Semoga bermanfaat…