Barack Hussein Obama adalah presiden ke 44 Amerika Serikat, dan merupakan presiden keturunan Afrika-Amerika pertama di negeri adidaya itu. Pria yang pernah tinggal di Jakarta itu sebelumnya menjabat sebagai Senator Illinois, yang kemudian dicalonkan oleh Partai Demokrat sebagai capres.
.
Pada pemilihan presiden AS tahun 2008, ia berhasil mengalahkan John McCain dengan mendapatkan 365 suara elektoral, dan pada tahun 2012, ia kembali memenangkan pilpres dengan mengalahkan Mitt Romney dengan memperoleh 332 suara elektoral.

Selama kepemimpinan Obama, banyak kebijakan luar negeri AS yang menuai kritik dari dunia internasional, terutama mengenai Arab Spring. Banyak yang menilai, bahwa AS lah yang membuat skenario banyaknya revolusi di Timur Tengah, seperti di Suriah kini.

Dari Arab Spring itulah, banyak pemimpin di dunia Arab tumbang, bahkan tewas oleh rakyatnya sendiri, seperti Moammar Ghaddafi, pemimpin Libya. Namun, rakyat AS juga sangat bangga pada Obama, karena telah berhasil menewaskan Osama bin Laden.

Sumber : Infia