Umumnya halaman yang menampilkan pesan error 404 disuguhkan karena halaman/link yang dituju tidak tersedia di web/blog tersebut. Bisa juga dikarenakan salah tulis alamat (contoh: http://caragratis.net/pisang). Karena link tersebut di web caragratis tidak tersedia maka halaman yang ditampilkan adalah error 404. Dan hal seperti itu bisa membuat web/blog kita di remehkan oleh mesin telusur karena dianggap tidak terawat.

Untuk mengetahui web/blog yang memiliki masalah error 404 tersebut, Anda bisa mengecek di webmaster tools. Dan jika itu terjadi, maka solusinya adalah redirect 301 permanently yang terbaik dan teraman. Berikut ini kami share cara memperbaiki halaman error 404 dengan 301:

Jika Anda menggunakan shared hosting, cari file .htaccess / menu error page di halaman control panel. Selanjutnya copy kode di bawah ini dan masukkan di file .htaccess Anda. Apabila di dalam file .htaccess terdapat ” ErrorDocument 404… ” maka sebaiknya di delete dulu sebelum memasukkan kode berikut:

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteRule . 404page.php [L,R=301]

Selanjutnya buka file 404.php dan masukkan kode dibawah ini didalam <head>. Jika di dalam file 404.php tidak ditemukan kode head, maka cari dan buka file header.php dan masukkan kode berikut didalamnya :

<meta name=”robots” content=”noindex”/>

Taruh kode tersebut seperti contoh dibawah ini:

<head>

<meta name=”robots” content=”noindex”/>

</head>

Selanjutnya simpan dan selesai…