CaraGratis-Banyak blogger yang mengaitkan riset keyword/kata kunci dengan ilmu SEO, tapi mestinya riset keyword dalam PPC juga tidak boleh diremehkan. Google sendiri menunjukkan bahwa grup iklan PPC memiliki 10-20 kata kunci yang relevan dan saling terkait. Sehingga keyword/kata kunci adalah hal yang sangat penting.

Namun sebaiknya jangan salah/asal pungut kata kunci untuk ditempelkan ke website kita, lebih bijak gunakan kata kunci/keyword yang relevan dengan isi website/blog kita. Sebab pemasangan kata kunci yang tidak relevan dengan isi konten akan berakibat buruknya nilai blog/web kita dimata mesin pencari seperti Google Search.

Pentingnya keyword/kata kunci dalam dunia blogging terkadang malah membuat para blogger hanya mementingkan keyword saja dengan mencari referensi tools gratis untuk riset keyword dengan mengunjungi banyak website seperti ubersuggest.org, keywordtool.io, dll. Meskipun hal itu juga banyak membantu, namun untuk saya pribadi lebih fokus mencari referensi di satu cara saja. Dari situ kita bisa menyesuaikan artikel kita dengan pemikiran para pencari informasi di mesin pencari.

Berikut ini adalah cara menentukan keyword/kata kunci yang tepat untuk blog/website:
Yaitu Google Search, gunakan mesin pencari google untuk mendapatkan referensi kata kunci yang paling dicari sehubungan dengan artikel Anda. Mulailah dengan mengetik kata untuk mendapatkan saran dari search engine google seperti gambar berikut:

Contoh 1

Cara menentukan keyword yang tepat
Klik gambar untuk memperbesar

Contoh 2

Cara menentukan keyword yang tepat
Klik gambar untuk memperbesar

Semoga bermanfa’at dan sukses untuk kita semua…