Umumnya ciri-ciri gagalnya auto update wordpress adalah seperti berikut ini:

  1. Layar putih yang kosong tanpa informasi apapun.
  2. Pesan peringatan bahwa auto update gagal
  3. Pesan Error PHP

Meskipun fitur update wordpress telah diprogram secara otomatis, namun terkadang kinerja otomatis tersebut bisa terjadi kesalahan karena beberapa hal, seperti disebabkan oleh kesalahan koneksi dengan file, File Permission yang tidak tepat, atau karena koneksi internet yang kurang bagus.

Cara mengatasi gagal update wordpress
Cara mengatasi gagal update wordpress

Sedangkan untuk solusi mengatasi auto update wordpress gagal/tidak bekerja dengan sempurna adalah melakukan update secara manual. Dan berikut ini cara melakukan update wordpress secara manual

  1. Download versi terakhir wordpress, umumnya dalam file zip.
  2. Ekstrak file zip.
  3. Non aktifkan dulu semua plugin pada wordpress Anda.
  4. Hapus folder wp-includes dan wp-admin pada server hosting wordpress.
  5. Upload folder wp-include dan wp-admin ke server hosting wordpress.
  6. Upload folder wp-content ke server hosting wordpress. Langsung “overwriting” saja file lama dengan file baru wordpress dan sebaiknya jangan menghapus file apapun.
  7. Upload semua file diluar folder wp-admin, wp-content, dan wp-include ke direktori wordpress, (kecuali wp-config.php).
  8. Selanjutnya buka file wp-config.php di komputer Anda dan wp-config.php di server. Perhatikan jika ada setting yang berbeda, ika terdapat perbedaan maka tambahkan. Jika tidak ada, maka abaikan saja dan gunakan file wp.config.php yang sudah ada di server.
  9. Jika sebelumnya Anda menggunakan fitur auto update dan gagal maka akan ada file “maintenancehapus saja file tersebut.
  10. Login kembali ke wordpress, dan aktifkan semua plugin seperti semula.

Semoga bermanfa’at dan salam sukses untuk kita semua