Scalping adalah salah satu dari sekian banyak teknik yang sering digunakan trading forex. Scalping umumnya diterapkan untuk mengambil keuntungan antara 10 sampai 20 poin per order(tergantung TF yang digunakan). Dan teknik tersebut sering digunakan oleh trader pemula sampai profesional.

Strategi scalping yang akan saya share kali ini menggunakan indikator MA. Meskipun banyak indikator dan strategi yang digunakan untuk teknik ini, namun kali ini saya hanya share teknik scalping menggunakan MA saja. Meskipun sederhana namun tetap profitable.

Baca juga :
Cara trading menggunakan Indikator Zig Zag kombinasi
Tips sukses trading Intraday

Langkah pertama siapkan kombinasi 3 MA dengan aturan sbb;

  1. Period :  5, Method : Exponential, Warna : Merah ( yang lain biarkan saja )
  2. Period : 10, Method : Exponential, Warna : Kuning ( yang lain biarkan saja )
  3. Period : 15, Method : Linear Weighted, Warna : Aqua ( yang lain biarkan saja )

Klik gambar untuk memperbesar

M5/M15, target profit ideal 10-20 poin
H1, target profit 50-100 poin

 

Untuk penggunaanya sebenarnya simple, ketika ketiga garis berpotongan maka cari entry di candle berikutnya. Jika garis merah diatas maka indikasinya harga bergerak naik dan juga sebaliknya. Terapkan di TF M10/M15, sedangkan untuk hasil yang akurat cek dulu pergerakan harga di TF yang lebih besar.
Untuk SL gunakan 50 – 100 poin(sesuaikan dengan support/resisten terdekat), dan untuk TP gunakan 10 – 20 poin saja. Saya biasa menerapkan target TP di 20 poin saja. Sedangkan SL saya sesuaikan support/resisten terdekat.

Notes:

  1. Gunakan MM yang sehat agar terhindar dari keserakahan. Jika ingin profit lebih besar maka lebih baik untuk menambah balance agar lot bisa sesuai.
  2. Hindari ambisi order, sebaiknya biasakan maksimal order 3X sehari. Jika SL / TP akan tersentuh biarkan saja.
  3. Sebaiknya test dulu di demo account untuk mempelajari lebih detail analisa gerak market di berbagai TF.
  4. Untuk OP, gunakan di TF M1. Meskipun analisanya pakai TF M5/M15/H1. Hal ini berguna agar terhindar dari floating MIN yang lama.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan video tutorial trading scalping berikut:

Semoga bermanfa’at dan salam sukses untuk kita semua…