Cross Hedging merupakan jalan lain dan aman untuk melakukan penguncian dana ketika OP kita salah dan terjadi loss. Langkah tersebut lebih baik dilakukan sebagai alternatif untuk penyelamatan daripada menggunakan teknik Hedging.

Hedging adalah teknik membuka 2 posisi di pair yang sama untuk mengamankan dana ketika dirasa pilihan order keliru. Misalkan order Anda BUY dan ternyata harga mengarah ke arah sebaliknya, maka dilakukanlah order kedua dengan OP SELL.

Cross hedging adalah hampir sama dengan hedging. Hanya saja kita melakukan OP berlawanan di pair yang lain namun yang masih serumpun yang umumnya disebut dengan korelasi pair/Correlation pairs. Misalkan kita OP BUY di pair EUR/USD dan terjadi rugi, maka kita segera melakukan OP SELL di USD/CHF.

Dengan begitu kerugian akan bisa diminimalkan. Namun jika kita bisa menganalisa dengan benar dan masuk pada waktu yang tepat, maka kita malah akan mendapatkan keuntungan dari teknik ini. Keuntungan lainnya adalah untuk trader yang ikut dalam program rebate, kerugian yang terjadi bisa ditutup oleh hasil rebate yang didapat dari beberapa entry kita.

Namun demikian sangat tidak disarankan untuk melakukan teknik tersebut. Sebab meskipun serumpun, terkadang arah marketnya bisa tidak jelas dikarenakan fundamental dll. Akan lebih baik close posisi dan siapkan analisa baru yang lebih matang.

Ingat!!!
Pergerakan market itu sifatnya dinamis…