Abraham Lincoln adalah presiden Amerika 1860-1865. Dan meninggal dunia secara tragis ditembak oleh John Wilkes Booth, seorang aktor opera pada masanya. Saat itu, kakek buyut bangsa Amerika tersebut juga tengah menonton opera yang salah satu aktornya adalah John Wilkes Booth. Abraham Lincoln dibunuh seusai acara opera tersebut…

wikipedia
Img: wikipedia

Untuk sampai berhasil duduk di kursi kepresidenan, pria yang lahir pada 12 Februari 1809 tersebut banyak melewati masa-masa yang sulit. Kariernya dalam politik tidak semulus yang dibayangkan. Ia sering mengalami rintangan dan tragedi, sampai menjadi presidenpun, Abraham Lincoln tewas karena ditembak.

Jauh sebelum menjabat sebagai presiden Amerika, Ia adalah seorang pengusaha yang pada akhirnya gulung tikar pada tahun 1831. Setahun setelahnya, yaitu di tahun 1832 Ia mencoba untuk mengikuti pemilihan tingkat lokal, dan kalah. Tidak menyerah dengan kegagalan, pada tahun 1833, Ia berusaha membangun usaha lagi dan lagi-lagi mengalami kebangkrutan.

Kegagalan demi kegagalan tersebut ternyata belum seberapa bagi Abraham Licnoln, di tahun 1835 adalah ujian yang paling berat baginya, Ia harus rela kehilangan istrinya karena meninggal dunia. Dan setahun setelah istrinya meninggal, Lincoln hampir masuk kerumah sakit jiwa karena diduga menderita gangguan jiwa.

Pada tahun 1837, Ia mencoba bangkit dan mengikuti kontes pidato yang pada akhirnya menemui kekalahan lagi. Selanjutnya pada tahun 1842 dan 1855, Ia mengalami kekalahan ketika mengikuti kongres Amerika dan senat. Setelahnya, Ia mencoba untuk bisa menjadi wakil presiden AS 1856 dan mengalami kegagalan lagi.

Tak berhenti disitu, Ia mencoba lagi ketika ada peluang untuk bisa menjadi senat di tahun 1858, namun sekali lagi usahanya mengalami kegagalan. Dan hingga pada akhirnya di tahun 1860, Lincoln berhasil duduk di kursi presiden AS…

Dari perjalanan hebat Abraham Lincoln tersebut, kita bisa mengambil sisi positifnya untuk bisa menjadi spirit bagi kita agar dalam berusaha, kita tidak mudah untuk menyerah ketika mengalami kegagalan. Pada umumnya, yang kita tahu adalah keberhasilan seseorang saja. Padahal di balik kesuksesan seseorang sekarang, terkadang harus melewati perjalanan jatuh bangun yang begitu panjang dan terasa menyakitkan.

Sumber; Wikipedia & beberapa sumber lainnya