Jika Anda sering berselancar di dunia internet, pastinya Anda sudah terbiasa dengan istilah blog/website. Namun pernahkah Anda berfikir tentang bagaimana sebuah website tersebut terbentuk?

web hosting indonesia

Secara umum, pengertian website/blog dibangun sebagai sarana penyampaian berita, toko online/forum jual beli, pengenalan organisasi, sosial media, menulis artikel, dll. Dan website/blog tersebut terdiri dari beberapa komponen yang diantaranya adalah hosting, domain, dan SSL.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan gambar simulasi berikut:

Simulasi

Hosting
Ibarat perumahan, hosting adalah tanah lokasi kepemilikan yang masih kosong/kavling yang disediakan untuk mendirikkan sebuah bangunan/website.

Domain
Pengertian umum, domain adalah alamat dari website. Secara sederhananya adalah, disini saya simulasikan dengan sebuah rumah di lokasi tanah/hosting perumahan/perkampungan/perkotaan yang sudah di petak-petak. Dan domain tersebut berperan sebagai alamat rumah-rumah di perumahan/perkampungan/perkotaan yang sudah di petak-petak tersebut.

Umumnya, rumah memiliki alamat jalan, rt/rw, dll. Sedangkan domain susunan kata yang mewakili alamat rumah terkait biasanya menggunakan WEBANDA.COM/WEBANDA.NET/dll. Seperti contoh alamat rumah saya disini adalah CARAGRATIS.NET

Dan untuk akhiran dibelakang (.), atau biasa disebut dengan DOT tersebut adalah ekstensi domain. Seperti contoh berikut:

.COM, .NET, .ORG/dll (untuk ekstensi domain internasional)
.OR.ID, .ID, .CO.ID/dll (untuk ekstensi domain Indonesia)

Website
Website adalah tampilan yang terdiri dari komponen hosting dan domain. Sebuah hosting/tanah jika Anda beri sentuhan komponen bangunan maka akan terbentuklah sebuah website/rumah. Hal ini bentuk tampilan website/rumah Anda tergantung bagaimana Anda membangun website/bangunan rumah Anda seperti apa. Dan selanjutnya untuk lokasi/website Anda agar diketahui orang maka yang Anda perlukan adalah domain/alamat lokasi Anda.

SSL
SSL adalah seperti pagar. Menurut fungsinya, pagar merupakan pengaman atau sebagai pembatas. Demikian juga dengan SSL yang berfungsi sebagai pengamanan website dari pencurian data dari hacker. Dan SSL untuk sebuah website tidak diharuskan sebagaimana rumah tidak diharuskan untuk ada pagarnya. Namun begitu, SSL untuk website dan pagar untuk lokasi rumah akan lebih bagus jika diterapkan…

Klik disini untuk hosting murah dengan feature SSL gratis

Semoga bermanfa’at dan sukses selalu untuk kita semua