Bootloop adalah masalah pada piranti lunak Android. Umumnya, perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang ketika dihidupkan. Dan tidak mampu booting ke sistem secara normal.

Jika kasusnya ringan, Anda tidak perlu penanganan yang serius, hanya cukup dengan factory reset biasanya sudah clear. Namun, jika kasusnya cukup parah, seperti yang diutarakan diatas, yaitu HP akan mengalami restart terus-menerus dan tidak bisa masuk sistem, maka Anda perlu memperbaikinya secara teknis. Salah satu perangkat yang seringkali mengalami bootloop adalah Xiaomi Redmi 3.

Berikut ini saya mencoba share cara memperbaiki xiaomi redmi 3 yang sering bootloop, perhatikan langkah – langkah dibawah ini :

1. Siapkan komputer atau laptop.

2. Download aplikasi MiPhone dan install pada PC atau laptop.

3. Download file Fastboot Xiaomi Redmi 3 di MIUI.com. Setelah di-download, pastikan file tersebut “.tgz”. Jika bukan, ubah nama file-nya.

4. Ekstrak file Fastboot hingga hasilkan folder beserta isinya. Pastikan file ekstrak tersebut di lokasi yang mudah dijangkau.

5. Matikan Xiaomi Redmi 3, tekan tombol volume bawah (-) dan tombol power secrara bersamaan, dan tunggu sampai masuk FastBoot dengan tampilan robot Android sedang diperbaiki.

6. Setelah masuk ke menu FastBoot, hubungkan Redmi 3 dengan PC via kabel USB.

7. Buka aplikasi MiPhone, klik tombol Browser, arahkan ke folder hasil ekstrak file FastBoot tadi, atau kamu juga bisa langsung copy folder path hasil ekstrak ke address bar aplikasi MiPhone.

8. Jika sudah selesai, klik ikon Refresh dan tunggu beberapa saat.

9. Kemudian tap ikon Flash, tunggu proses Flashing berjalan, dengan catatan jangan sampai kabel USB tercabut.

10. Jika proses flashing selesai, ponsel akan restart dan masuk ke menu home.

Selamat, masalah sudah teratasi…