Kerajaan Arab Saudi didirikan oleh Abdul Aziz bin Abdul Rahman al saud setelah memenangkan peperangan antar suku atau klan yang memperebutkan kawasan tersebut. Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud lahir pada 15 Januari 1876. Abdul Aziz dilahirkan di Riyadh dan merupakan anak pasangan Abdul Rahman bin Faisal dan Sara binti Ahmad al-Kabir Sudayri.

Saat usia10 tahun, ia mengikuti keluarganya dalam pengasingan di Kuwait setelah dikalahkan oleh dinasti Rashidi. Pada tahun 1901, Abdul Aziz (22 tahun) menggantikan ayahnya sebagai ketua keluarga dinasti Saud dan mengangkat dirinya sebagai Sultan Nejd.

Kemudian ia mengumpulkan kekuatan dengan berkoalisi dengan berbagai klan, dan pemuka agama, diantaranya Muhammad bin Abdul Wahhab. Pada tahun 1902, dia bersama-sama dengan pasukan keluarga dan sekutunya berhasil merebut Riyadh.

Dua tahun setelah berhasil merebut Riyadh, Abdul Aziz berhasil menguasai separuh dari Nejd. Meskipun begitu, pada tahun 1904, dinasti Rashidi meminta bantuan dari Kesultanan Utsmaniyah dan berhasil mengalahkan dinasti Saud pada 15 Juni 1904.

Namun, dinasti Saud bersekutu dengan Inggris dan berhasil mengalahkan pasukan Utsmaniyah dan dinasti Rashidi. Setelah menguasai sebagian besar Jazirah Arab dari musuh-musuhnya, Abdul Aziz menamakan tanah gabungan Hijaz dan Nejd sebagai Arab Saudi pada 23 September 1932.

Kedatangan Raja Salman Ke Indonesia

Setelah 47 tahun adik dari Raja Faisal tersebut mengulang sejarah yang terjadi hampir setengah abad lalu itu dengan bertemu Presiden Joko Widodo. Raja Salman dijadwalkan tiba di Indonesia hari ini. Presiden Joko Widodo akan langsung menyambut kedatangan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma.


Setelah itu, kedua kepala negara akan melakukan pertemuan di Istana Bogor. Raja Salman akan berada di Jakarta dan melakukan berbagai kegiatan lain hingga 4 Maret. Setelah itu, barulah Raja Salman dan rombongan yang terdiri atas 1.500 orang berlibur di Bali hingga tanggal 9 Maret.