Mesin cetak digunakan untuk membuat banyak salinan halaman yang identik. Kini digunakan untuk mencetak buku dan surat kabar. Kini segalanya dilakukan secara otomatis. Dulu saat mesin cetak ditemukan oleh Johannes Gutenberg, ia harus meletakkan huruf bersama-sama. Tiap huruf ada di balok logam dalam sebuah bingkai. Lalu ia bisa memindahkan kertas dan tinta di atasnya, mirip seperti perangko. Huruf itu akan meninggalkan beberapa tinta di kertas itu.

Sejarah perkembangan mesin printer dimulai sejak tahun 1950 dimana saat itu banyak orang Eropa yang menginginkan produksi dokumen tertulis dengan mudah dan cepat. Dan yang pertama kali menemukan teknologi printer adalah Johannes Gutenberg. Gutenberg adalah seorang pengusaha dari Mainz Jerman yang lahir pada tanggal 3 Februari 1468 silam yang mengembangkan teknologi mesin cetak printer pertama kali di dunia.

Penemuan mesin cetak printer tersebut merupakan penemuan yang sangat penting. Printer saat ini telah mengalami banyak perkembangan hingga sekarang Anda bisa membelinya dengan berbagai jenis sesuai kebutuhan. Untuk menghasilkan printer yang sangat bagus, memang banyak proses yang dilalui dengan sejarah perkembangan mesin printer dari waktu ke waktu.