Saridjah Niung Bintang Soedibjo adalah seorang seniman yang memiliki sejarah berprestasi terutama dalam bidang musik anak-anak. Maka, tidaklah heran jika hari ini Google Doodle dihiasi dengan peringatan hari ulang tahunnya yang ke-109.

Ibu Sud/Saridjah Niung
Ibu Sud/Saridjah Niung-Google Doodle(26 Maret 2017)

Dikutup dari Wikipedia, nama asli beliau adalah Saridjah Niung, lahir pada tanggal 26 Maret 1908 di Sukabumi, Jawa Barat dan tutup usia pada tahun 1993 di usia 85 tahun. Sedangkan Bintang soedibyo yang disematkan di belakang nama aslinya merupakan nama suaminya yaitu Raden Bintang Soedibyo.

Teringat saat saya masih duduk di bangku SD sering menyanyikan lagu favorit saya yaitu “Tik-tik bunyi hujan” yang merupakan karya dari Ibu Sud. Ternyata hari ini saya baru tahu siapa Ibu Sud dan nama aslinya dari Google Doodle. Untuk profil lengkap Ibu Sud/Ibu Saridjah Niung bisa Anda kunjungi wikipedia disini…

Ibu Sud dikenal sebagai pemusik, guru musik, komponis, penyiar radio, dramawan, seniman batik. Sedangkan beliau berprofesi sebagai Staf pengajar Hollandsch-Inlandsche School (HIS), Petojo, Jalan Kartini, dan Arjuna. Namun bukan hanya karya yang luar biasa saja yang dikenal, namun Ibu Sud juga dikenal sebagai pemusik 3(tiga) jaman. Yaitu Belanda-Jepang-Indonesia…

Menurut Wikipedia, karakter musik beliau sebagian besarnya diperoleh dari Prof. Dr. Mr. J.F. Kramer, seorang pensiunan Wakil Ketua Hoogerechtshof (Kejaksaan Tinggi) di Jakarta yang merupakan ayah angkat Ibu Sud.
Sedangkan selain lagu karya Ibu Sud yang saya sukai “Tik-tik bunyi hujan“, berikut ini adalah lagu anak-anak lainnya karya Ibu Sud/Ibu Saridjah Niung:

Lagu-lagu karya Ibu Sud/Ibu Saridjah Niung
  1. Anak Kuat
  2. Berkibarlah Benderaku
  3. Bendera Merah Putih
  4. Burung Kutilang
  5. Dengar Katak Bernyanyi
  6. Desaku
  7. Hai Becak
  8. Indonesia Tumpah Darahku
  9. Himne Kemerdekaan
  10. Kapal Api
  11. Kampung Halamanku
  12. Kupu-kupu yang Lucu
  13. Lagu Bermain
  1. Lagu Gembira
  2. Main Ular-Ularan
  3. Menanam Jagung
  4. Naik Delman
  5. Naik-Naik ke Puncak Gunung
  6. Nenek Moyang
  7. Pagi-pagi
  8. Pergi Belajar
  9. Tanah Airku
  10. Teka-Teki
  11. Tidur Anakku
  12. Tik Tik Bunyi Hujan
  13. Waktu Sekolah Usai
Sumber: Wikipedia